KONSEP PEMASARAN ONLINE (Online Marketing)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 1 peserta mampu :
1. Memahami pengertian pemasaran online,
2. Menjelaskkan manfaat pemasaran online
3. Mengindentifikasi komponen-komponen pemasaran online
4. Menjelaskan cara kerja pemasaran online.
B. Uraian Materi
1. Pengertian Marketing Online
Pemasaran online
sering disebut Internet marketing, e-marketing atau online-marketing
merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu
produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan
www (World Wide Web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik
(electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan
secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Kegiatan pemasaran
Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan
dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan
penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting.
(sumber ) http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet
Definisi menurut para ahli :
E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74)
E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company
efforts to communicate abaout, promote and sell products and services
over the internet. E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce ,
yang merupakan kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu,
mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Menurut Boone dan Kurtz (2005)
eMarketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan
kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan,
pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada
pangsapasar internet atau melalui peralatan digital lain.
2. Manfaat Pemasaran Online
a. Melakukan perubahan dengan cepat.
Kita dapat langsung memperbaiki atau mengubah baik grafis maupun
katakata ketika terjadi kesalahan pemasangan iklan atau segala kegiatan
pemasaran yang tidak bekerja dengan baik, dan melakukan itu semua dengan
cepat dan tanpa ada masalah
b. Menentukan sasaran demografis tertentu
Pemasaran online memungkinkan untuk menargetkan demografis tertentu
seperti halnya gender, usia, dan lokasi. Kita bahkan dapat menargetkan
tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
c. Banyak media pilihan.
Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk melakukan pemasaran
online, dapat menggunakan audio, video, blogging, email, media sosial
dan newsletter yang sedang berlangsung.
d. Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
Dalam hal ini ada dua pihak yang diuntungkan, yaitu pihak konsumen dan
pihak pemasar (baik penjual produk maupun produsennya langsung).
Keuntungan dari pihak konsumen adalah kemudahan dalam memperoleh
informasi mengenai produk yang mereka cari. Hanya dengan mengetikkan
kata kunci tertentu di kolom mesin pencari di internet yang berkaitan
dengan produk yang dicari, maka mereka akan disajikan banyak informasi,
baik mengenai product knowledge-nya maupun tentang cara mendapatkan
produk tersebut, baik dari produsen langsung maupun melalui penjualnya,
seperti supplier, grosir, toko dan sebagainya. Keuntungan dari pihak
pemasar mereka dengan mudah didatangi oleh orang-orang yang memang
sedang mencari dan membutuhkan produknya.
e. Kemampuan Konversi Instan
Kita memiliki kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan. Ketika kita
memasarkan online, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan
potensial, tetapi kita dapat mengambil penjualan seketika dengan
melakukan beberapa klik mouse.
3 Keuntungan Pemasaran Online
1. Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana
Kita tidak perlu memajang barang secara fisik, cukup menyediakan katalog
atau daftar barang serta deskripsi singkat mengenai masing-masing
barang tersebut. Kita juga tidak perlu memiliki banyak karyawan penjual,
kita hanya perlu karyawan yang menangai pemesanan secara online dan
karyawan yang menangani pengiriman barang.
2. Kemudahan Mengelola Barang
JIka kita menjual barang secara online dengan menggunakan website
sendiri, sistem manajemen situs menyediakan sistem pengelolaan barang
dan pergudangan. Kita dapat dengan mudah melihat stok barang. Kita juga
dapat menjual barang berdasarkan pesanan. Hal ini akan mempermudah kita
mengelola barang dagangan.
3. Pelayanan Lebih Fokus
Kita tidak perlu khawatir bahwa banyak pelanggan yang tidak terlayani.
Sistem komputer akan menampung semua pesanan. Kita hanya perlu melayani
pelanggan yang akan melakukan pembelian.
4. Riset Pasar Lebih Mudah
Berjualan melalui situs online membantu kita melakukan riset pasar
mengenai produk-produk yang banyak diminati misalnya dengan melihat kata
kunci yang mereka cari di situs anda. Hal ini akan membantu anda
merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.
5. Biaya Pemasaran Murah
Biaya pemasaran di internet relatif sangat murah. Pemasaran dapat
dilakukan dengan memajang produk di website sendiri atau di website
pihak lain melalui agen pemasaran online. Kita bahkan bisa memanfaatkan
website atau blog secara gratis di situs-situs tertentu.
6. Kemudahan Memilih Target Pasar
Kita dapat memawarkan produk kepada komunitas tertentu melalui forum
atau atau media sosial. Kita juga dapat memasang iklan secara gratis
atau berbayar dengan kata kunci tertentu. Hal ini membantu kita memilih
target pasar yang potensial.
7. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu
Internet tersedia untuk diakses setiap saat. Pelanggan dapat mengunjungi
situs tempat kita memasarkan produk anda kapanpun dan dimanapun selama
mereka mendapatkan akses internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar